Daisypath Anniversary tickers

my entries

RPP(Rencana Pelaksanan Pembelajaran)
06.02 | Author: Ridwan Hussin
Nama  : Ridwan Hussin
NIM    : A310100250
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

I.                   Identitas
Mata Pelajaran                   : Bahasa Indonesia
Kelas/semester                   : VIII/I
Alokasi Waktu                   : 2x35 menit
Tanggal Pelaksanaan          : 21 Desember 2011
II.                Standar Kompetensi
Menulis
8. mengungkapkan pikiran dan perasaan melalui kegiatan menulis kreatif naskah drama.
III.             Kompetensi Dasar
1.1  Menulis kreatif naskah drama satu babak dengan memperhatikan ke aslian ide.
IV.              Indikator Pembelajaran
·         Mampu menulis kreatif naskah drama satu babak dengan ke aslian ide
·         Mampu menuliskan unsur-unsur yang terdapat dalam naskah drama satu babak
V.                 Tujuan Pembelajaran
·         Siswa dapat menulis kreatif naskah drama satu babak dengan ke aslian ide
·         Saiswa dapat menuliskan unsur-unsur  yang  terdapat dalam naskah drama satu babak
VI.              Karakteristik yang diraih
·         Kreatif
·         Mandiri
·         Rasa ingin tahu
VII.           Metode Pembelajaran
·         Ceramah
·         Tanya jawab
·         Diskusi
VIII.        Sekenario Pembelajaran
·         Kegiatan Awal
Ø  Guru mengucapkan salam
Ø  Guru memimpin siswa untuk berdo’a
Ø  Guru mengabsen siswa
Ø  Guru menanyakan materi yang sudah dipelajari kemarin
Ø  Guru menyampaikan materi selanjutnya
·         Kegiatan Inti
Ø  Siswa mencari tema untuk kegiatan menulis kreatif naskah drama
Ø  Siswa mencari unsur-unsur yang terdapat pada naskah drama
Ø  Siswa menyusun naskah drama yang meliputi masalah, puncak masalah, dan penyelesaian masalah
Ø  Siswa mengidentifikasi unsur intrinsik didalam naskah drama yang dibuatnya.
·         Kegiatan Akhir
Ø  Siswa mempresentasikan naskah drama yang dibuat kepada siswa lain
Ø  Siswa menyimpulkan naskah drama yang telah dibuatnya.
IX.              Materi Pembelajaran
·         Menulis kreatif naskah drama
X.                 Sumber Belajar dan Media Pembelajaran
·         Panduan Bahasa dan Sastra Indonesia untuk SMP kelas VIII 2 Karya Nurhadi, dkk Terbitan ERLANGGA 2004 halaman 191-196
·         Menggunakan media pembelajaran elektronik berupa laptop dan proyektor dan juga menggunakan media cetek berupa Koran dan majalah.
XI.              Penilaian
·         Indikator Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik
Penilaian
Bentuk
Penilaian
Instrumen
1.      Mampu menulis kreatif naskah drama satu babak dengan ke aslian ide
Tes
tertulis
Tes uraian
1.      Buatlah naskah drama satu babak dan indentifikasi unsur intrinsik yang terdapat pada naskah drama tersebut!
2.      Mampu menuliskan unsur-unsur yang terdapat dalam naskah drama satu babak
Tes
tertulis
Tes uraian
2.      Tulislah unsur-unsur yang terdapat dalam naskah drama yang telah kamu baca!

|
This entry was posted on 06.02 and is filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

1 komentar:

On 28 November 2017 pukul 11.16 , Unknown mengatakan...

kursornya keren? ckkckcckkc hahahah